Jumat, 20 Juli 2012

PostHeaderIcon sejarah singkat JAVA


Java adalah bahasa pemograman tingkat tinggi yang berorientasi objek (OOP), diedarkan oleh Sun Microsystem (Sebuah perusahaan berasal dari California yang membuat software dan hardware computer. Didirikan tahun 1982 oleh Andeas Bechtolsheim, Vinod Khosla dan Scott Mc Neally. Perusahaan ini lebih terkenal karena pengembangan computer untuk system operasi UNIX),  pada awal tahun 1996.
Sejarah awal Java berawal di tahun 1991 ketika satu group insinyur-insinyur Sun, yang dipimpin oleh Ptrick Naughton dan James Gosling, ingin mendesain sebuah bahasa pemograman komputer yang berukuran kecil yang dapat digunakan untuk peralatan elektronika konsumen sepertu switchboxes TV kabel.
Dikarenakan peralatan-peralatan ini menggunakan konsumsi daya dan memory yang rendah, maka bahasa pemograman tersebut harus berukuran sangat kecil.  Juga karena setiap vendor menggunakan CPU yang berbeda, maka bahasa tersebut harus bersifat multiplatfrom, tidak terikat hanya pada satu arsitektur (Architecture Neutral).
Proyek ini diberi nama Green Project. Karena harus bersifat Architecture Neutral, maka Green Project menggunakanVirtual Machine (atau dikenal dengan Java Virtual Machine) yang berasal dari model implementasi bahasa Pascal di awal-awal perkembangan PC.
Dikarenakan insinyurinsinyur Sun berlatar belakang Unix (Sistim operasi yang dikembangkan oleh Bell Labs pada awal tahun 1970.) jadi mereka mendasari bahasa pemograman mereka dengan C++ dari pada Pascal.Secara khusus mereka membuat bahasa mereka
berorientasi obyek (object oriented), bukan berorientasi prosedur (procedural oriented) seperti model bahasa Pascal. Bahasa pemograman tersebut dinamakan Oak,  nama ”Oak” oleh James Gosling
yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon yang berada pada seberang kantornya,
namun dikarenakan nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang
telah   ada   sebelumnya,   kemudian   SUN   menggantinya   dengan   JAVA.   Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka berkata “give me a cup of JAVA” JAVA yang mengandung arti asal bijih kopi. Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java.
Karena pada awalnya ditujuan untuk pemograman device kecil, Java memiliki
karakteristik berukuran kecil, efisien, dan portable untuk berbagai hardware.
Perkembangannya sempat terhenti karena tidak ada yang tertarik dan tidak memiliki
pasar seperti yang diramalkan. Ketika teknologi internet berkembang, Java diarahkan untuk menjadi bahasa pemograman internet karena fitur-fitur Java seperti Architecture Neutralreal timereliable dan secure sangat sesuai untuk pengembangan internet.

Java telah mengakomodasi hampir seluruh fitur penting bahasa–bahasa pemrograman yang ada semenjak perkembangan komputasi modern manusia :
1. Dari SIMULA, bahasa pada tahun 65-an, bahasa yang paling mempengaruhi Java sekaligus C++. Dari bahasa ini diadopsi bentukan–bentukan dasar dari pemrograman berorientasi objek.
2. Dari LISP – bahasa tahun 55-an. Diadopsi fasilitas garbage collection, serta kemampuan untuk meniru generic list processing, meski fasilitas ini jarang yang memanfaatkannya.
3. Dari Algol – bahasa pada tahun 60-an, diambil struktur kendali yang dimilikinya.
4. Dari C++, diadopsi sintaks, sebagian semantiks dan exception handling
5. Dari bahasa Ada, diambil strongly type, dan exception handling.
6. Dari Objective C, diambil fasilitas interface.
7. Dari bahasa SmallTalk, diambil pendekatan single-root class hiérarchie, dimana object adalah satu kesatuan hirarki pewarisan
8. Dari bahasa Eiffel, fasilitas assertion yang mulai diterapkan di sebagian JDK 

2 komentar:

almondmilk mengatakan...

ciee blognya emaaak :D

Rima P Lestari mengatakan...

haha krik krik banget sumpah

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Rima P Lestari
Pegawai kantoran yang bermimpi menjadi happy mom working at home
Lihat profil lengkapku

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers